BERITA

Larangan Berburu Gajah Ditangguhkan Oleh Presiden Trump

Cukup banyak rencana atau janji kampanye Trump yang bersebrangan dengan pendahulunya, Barrack Obama. Sebagai contoh, aturan yang melarang berburu gajah atau trofi berburu gajah yang diberlakukan di zaman Obama, kini telah ditentang oleh Trump. Presiden baru Amerika tersebut juga berencana ingin kembali melegalkan trofi berburu gajah. Namun, untuk beberapa alasan, saat ini Trump menangguhkan untuk menghapus larangan tersebut.

Ditangguhkan Karena Berbagai Alasan

Sebelumnya, pemerintah Trump telah melonggarkan kebijakan yang mengatur larangan berburu gajah atau trofi berburu gajah. Namun, Presiden Donald Trump telah menangguhkan kebijakan baru tersebut hanya selang sehari setelah larangan tersebut dilonggarkan oleh pemerintahannya. Seperti diketahui jika piala dari kegiatan berburu gajah dianggap sah di negara Zambia dan Zimbabwe. Di era Trump, aturan yang sebelumnya dilarang di era Obama sejak 2014 (sebelumnya dibolehkan) kembali diizinkan dan tetap dilanjutkan.

Artinya, sebelum Obama melarang trofi berburu gajah itu, aktivitas pemburuan gajah diizinkan oleh pemerintah Amerika sebagaimana pemerintah Zambia dan Zimbabwe. Namun, sejak tahun 2014 pemerintah Obama mendapat desakan agar melarang trofi dari kegiatan perburuan gajah di dua negara tersebut. Sehingga walau di dua negara itu perburuan gajah dianggap legal, warga negara Amerika dilarang untuk mengikutinya. Tapi, kebijakan itu dirubah oleh Trump dengan menetapkan untuk melanjutkan kembali trofi tersebut.

Namun pada akhir hari Jumat kemarin (17/11), Presiden Trump memposting di akun resmi twitter-nya jika kebijakan baru yang akan menghapus larangan perburuan gajah itu ditahan sampai dia bisa “meninjau semua fakta konservasi”. Hanya saja, langkah untuk melonggarkan larangan tersebut telah memicu kemarahan langsung dari aktivis hewan. “Tindakan memalukan Anda memberikan jawaban atas rumor bahwa Anda tidak layak untuk jabatan (presiden),” kata aktris Prancis Bridget Bardot dalam sebuah surat yang dikirim ke Presiden Trump.

Presiden Donald J. Trump melalui akun twitternya @realDonaldTrump mengatakan; “Keputusan tentang piala pertandingan besar (perburuan gajah), ditahan sampai saya meninjau kembali semua fakta konservasi. Belajar selama bertahun-tahun. Akan segera di update dengan Sekretaris Zinke. Terima kasih!

Protes Mengecam Keputusan Trump

Protes kemudian menyebar secara luas di media sosial dengan banyak gambar yang menunjukkan anak-anak Presiden Trump yang sedang berpose dengan hewan yang telah mati selama perjalanan berburu mereka di Afrika. Ada juga satu foto Donald Trump Jr yang menunjukkan bahwa dia memegang ekor yang telah dipotong dengan pisau kecil dari seekor gajah yang telah mati.

US Fish and Wildlife Service (USFWS) berpendapat bahwa biaya untuk berburu dapat membantu konservasi hewan yang terancam punah tersebut. Di sisi lain, para ahli mengatakan bahwa populasi gajah Afrika semakin mengenaskan. Jumlah mereka turun sekitar 30% dari 2007-14, menurut Sensus Gajah Besar 2016. Laporan kelompok nirlaba tersebut menemukan penurunan populasi sebesar 6% di Zimbabwe saja.

Meskipun daftar mereka berdasarkan Endangered Species Act, ada ketentuan dalam undang-undang AS yang mengizinkan perizinan untuk mengimpor bagian hewan, jika saja ada cukup bukti bahwa biaya yang didapatkan dari aktivitas perburuan di sana benar-benar akan membantu proses konservasi spesies dan menguntungkan konservasi tersebut. Tapi sepertinya ini sulit karena fakta menunjukkan populasi bandar togel sgp yang menurun. Sehingga biaya yang dikeluarkan oleh warga Amerika untuk berburu tidak bisa membantu proses konservasi.

Tentunya, peristiwa mengerikan masih teringat dengan jelas yakni pada tahun 2015 lalu dimana ada seorang dokter gigi asal AS dari Minnesota telah membunuh seekor singa yang terkenal, yang bernama Cecil di Taman Nasional Hwange Zimbabwe. Kematian Cecil memicu kemarahan besar baik di AS dan Zimbabwe, dan secara singkat memaksa pemburu tersebut untuk bersembunyi. Aktivitas perburuan hewan yang hampir punah memang semestinya dilarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *