BERITA BOLA

Menang Atas Tunisia, Hary Kane Selamatkan Inggris

Timnas Inggris melakoni laga perdana mereka di Piala Dunia 2018 dengan memuaskan. Bertanding di Volgograd hari Selasa (19/6) dini hari WIB, Inggris mampu memetik kemenangan setelah membungkam Tunisia dengan skor 2-1. Meskipun di atas kertas Inggris memang lebih unggul daripada Tunisia, anak asuh Gareth Southgate baru mencetak gol setelah pertandingan berjalan sepuluh menit.

 

Namun peluang pertama Inggris telah muncul pada menit ketiga saat Jesse Lingard yang memanfaatkan kemelut di kotak penalti Tunisia, meskipun akhirnya cuma bermuara pada sepak pojok. Barulah di menit ke-11, Hary Kane menerima bola muntah hasil tepisan Mouez Hassen dari sepakan John Stones yang menghasilkan gol pertama. Tak ingin jauh tertinggal, Tunisia menyamakan kedudukan di menit ke-35 lewat tendangan penalti Ferjani Sassi.

 

Penalti itu didapat Tunisia setelah Kyle Walker melanggar Fakhreddin Ben Youssef di kotak terlarang. Memulai babak kedua dengan lebih ketat, Inggris mulai berani menekan Tunisia dan menggantikan Raheem Sterling dengan Marcus Rashford pada menit ke-68. Barulah di masa injury time, Kane muncul sebagai sang juru selamat. Bomber Tottenham Hotspur itu mencetak gol kedua lewat umpan sundulan Harry Maguire dari sepak pojok Kierah Trippier. Pertandingan pun berakhir 2-1 untuk kemenangan dramatis Inggris.

 

Meskipun berhasil menang, Kane tak bisa menutupi perasaan khawatir jika The Three Lions bakal ditahan imbang Tunisia. Pesepakbola berusia 24 tahun itu menilai kalau Inggris harusnya bisa mencetak lebih dari dua gol. Mengaku timnya bermain baik, Kane menilai kalau rekan-rekannya terlalu cepat masuk ke permainan. Namun kapten timnas Inggris ini cukup puas dengan performa tim kendati cukup kecewa dengan kinerja wasit.

 

Seperti dilansir BBC, Kane tak menampik kalau akhirnya teknologi VAR dibutuhkan selama pertandingan. “Kami hanya berharap kalau offisial pertandingan bisa menggunakan VAR dengan benar.”

 

Inggris Pilih Main Sabar

 

Melihat bagaimana cara Inggris bisa menang, tentu bisa dibilang kalau mereka menerapkan permainan sabar karena gol penentu kemenangan tercipta di menit ke-91. Hampir selama 45 menit babak kedua, Inggris dan Tunisia bermain imbang 1-1. Meskipun Inggris cukup mendominasi permainan judi poker online di babak kedua, Tunisia memiliki barisan lini belakang yang sangat rapat sehingga membuat peluang gol Inggris banyak terbuang.

 

Tercatat jika Inggris menguasai bola hingga 61% dan melepaskan 18 tendangan dengan delapan di antaranya tepat sasaran. Menanggapi permainan anak asuhnya, Southgate pun mengaku cukup senang karena mereka mampu menahan kesabaran hingga menit akhir pertandingan. “Kami pantas menang. Kami menciptakan banyak peluang emas. Kami bagus dalam set pieces sekalipun bermain imbang. Kami tetap bangga atas apa yang sudah dilakukan.”

 

PR Timnas Inggris Masih Berat

 

Dibandingkan tim-tim besar lainnya yang hanya bermain imbang atau bahkan menelan kekalahan memalukan seperti Jerman, nasib Inggris memang jauh lebih baik. Namun kemenangan atas Tunisia tidaklah serta-merta bisa membuat Inggris terlena. Apalagi kemenangan ini diraih setelah selama satu babak penuh, Tunisia menahan imbang mereka. Jika melihat barisan lini belakang, skuad Inggris memang bisa dibilang cukup efektif meredam serangan.

 

Namun Jordan Henderson yang ada di lini tengah mengingatkan agar rekan-rekannya tidak terlena karena mereka akan melawan Panama pada Minggu (24/6) mendatang. Meskipun begitu Henderson tak menampik jika kemenangan atas Tunisia cukup memberikan dorongan semangat pada Inggris supaya memetik hasil maksimal lagi di pertandingan fase grup berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *