POLITIK

Penghematan Dana KPU Hingga Rp548 Miliar dari Tahun Sebelumnya

Penghematan Dana KPU Hingga Rp548 Miliar dari Tahun Sebelumnya

Penghematan Dana KPU Hingga Rp548 Miliar dari Tahun Sebelumnya, Pemilihan umum selalu membutuhkan dana yang tidak sedikit karena merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seluruh Indonesia.

Sebagai hajatan negara yang cukup besar, agenda pemilihan umum selalu menghabiskan dana yang cukup besar. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU),

Arief Budiman menyatakan bahwa dalam pemilihan umum tahun 2019 terdapat penghematan dana yang cukup besar.

Ia menyatakan bahwa lembaga pimpinannya menghemat anggaran dana hingga sebesar Rp 548 miliar dari tahun sebelumnya.

Penghematan Dana KPU Hingga Cara Penghematan Dana

Cara penghematan dana oleh KPU dilakukan berikut ini:

Dana logistik

Logistik merupakan salah satu keperluan penting yang harus tersedia untuk memenuhi kebutuhan lembaga ataupun kegiatan.

Logistik dapat berupa berkas-berkas ataupun barang-barang yang perlu disediakan dalam kegiatan tersebut. Penghematan dana logistik berasal dari pembelian barang yang menggunakan katalog.

Terdapat 9 barang yang dalam pembeliannya menggunakan katalog, sehingga harga yang didapatkan menjadi lebih murah.

Penghematan dari pembelian barang logistik dengan menggunakan katalog sebagai medianya. Menurut yang dituturkan oleh Arief

Budiman, penghematan anggaran dana logistik dari dana yang telah dianggarkan pada tahun 2018 adalah sekitar Rp 548 miliar.

Sehingga menurut pernyataannya, Arief ingin menggunakan model pembelian barang ataupun alat logistik lainnya untuk memenuhi pemilu dilakukan dengan e-katalog.

Hal ini merupakan salah satu usaha untuk melakukan penghematan anggaran dana yang sangat besar.

Penghematan Dana KPU Hingga Anggaran Personel

Untuk persiapan anggaran pemilu tahun 2019, KPU menyatakan sudah menyiapkan anggaran dengan aman.Begitu pula dengan anggaran yang disediakan untuk personel yang bertugas pada saat kegiatan pemilu 2019.

Dana anggaran tersebut sudah direncanakan dari jauh-jauh hari.Sehingga untuk saat ini (17-11) anggaran untuk keperluan personel sudah dipersiapkan dengan matang.

Selain anggaran untuk personel, Arief Budiman juga menyatakan bahwa anggaran untuk keperluan logistik sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Sehingga kebutuhan-kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi oleh bidang logistik sudah dipersiapkan.

Dalam pembelanjaannya, anggaran dana logistik dapat menekan penghematan hingga sebesar Rp 548 miliah.  Sehingga penghematan dana tersebut dapat digunakan untuk keperluan anggaran pemilu 2019.

Data yang belum dapat dihasilkan oleh KPU adalah mengenai data pemilih yang akan mengikuti pemilu pada tahun 2019.

Arief menambahkan bahwa jika tidak ada pemilih yang terdata dalam pemilihan umum 2019, maka pemilihan umum tersebut juga tidak dapat terlaksana.

Karena dengan tidak adanya pemilih untuk apa pula dilakukan pemiliihan.

 

Dana pemilu bertambah 3%

Pemerintah memberikan anggaran dana sebesar Rp 24,8 triliun untuk melakukan penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres tahun 2019.

Besaran anggaran dana ini meningkat dari anggaran dana untuk pemilu tahun 2014 yang hanya sekitar Rp24,1 triliun.

Pemberian tambahan anggaran ini digunakan untuk memilih anggota legislatif ataupun presiden, sehingga perlu penyebaran merata di setiap provinsi yang ada.

Menurut pernyataan Arief Budiman, hampir seluruh provinsi dan kabupaten di Indonesia sudah mulai  menyiapkan anggaran untuk pemilu tahun 2019.

Seluruh provinsi dan kabupaten mengatakan bahwa setiap satuan kerja baik dalam provinsi ataupun kabupaten telah mempunyai anggaran dana untuk kegiatan pemilu tahun 2019.

Sehingga faktor pertama yang menyatakan bahwa KPU siap yaitu telah adanya anggaran yang disediakan.

Baik anggaran dana pemilu yang berasal dari pemerintah pusat ataupun dana yang telah disediakan dari provinsi dan kabupaten.

Alokasi dana yang diberikan pemerintah mendapatkan kenaikan sekitar 3% atau sekitar Rp700 miliar dari anggaran sebelumnya.

Sehingga dengan meningkatnya jumlah alokasi dana yang diberikan pemerintah dan upaya penghematan dana oleh pihak KPU, diharapkan pemilu 2019 menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *